Cara Mengenalkan Huruf Hijaiyyah Untuk Anak Usia Dini (Part 4)

Bismillahirrahmanirrahim.

Alhamdulillah, saya bisa kembali menulis cara mengajarkan huruf hijaiyyah pada anak usia dini bagian ke-empat. Kali ini Anda insya Allah akan mendapatkan tips mengajarkan anak membaca, setelah mengenal huruf.

Apa sih perbedaan membaca huruf dan sekedar mengenal? 



Anak yang sudah mengenal huruf, belum tentu bisa membaca dua-tiga huruf yang berjejer dengan lancar.

Anak harus mulai dilatih membaca, karena mengenal huruf saja belum cukup untuk bekal membaca al-Qur'an. Jadi, membaca adalah level kedua dari tahap pembelajaran.

Bagaimana cara mengajarkan anak membaca huruf hijaiyyah? 



1. Tulis beberapa huruf bersebelahan, beri contoh anak cara membacanya. Misalnya كَ تَ بَ  dibaca kataba (pendek dan cepat).


2. Terkadang, anak membacanya dengan tambahan mad; "kaa taa baa", orang tua perlu membimbingnya untuk sedikit demi sedikit mengurangi madnya.

3. Pada sesi membaca, awali dengan rangkaian huruf yang berbeda makhraj dan bentuknya, agar tidak terlalu menguras konsentrasi anak. Kemudian bertahap ke huruf yang serupa baik bentuk maupun suaranya.

4. Sesi membaca bisa dimulai saat anak sudah mulai mengenal separuh dari keseluruhan huruf hijaiyyah. Huruf yang tersisa tetap diperkenalkan sambil belajar membaca.

5. Mulai gunakan media belajar yang beragam, seperti papan tulis, pasir, play dough, atau stik es krim untuk variasi agar anak tidak cepat bosan.


Wallahu ta'ala a'lam. Inilah pengalaman saya saat mengajarkan Jihan membaca huruf hijaiyyah. Silahkan dicoba ya Bunda dan Ayah. Semoga Allah memudahkan kita untuk mendidik anak menjadi ahli Qur'an. Aamiin.

Bila artikel ini dirasa bermanfaat, silahkan klik like dan share. Barakallahu fiikum ;)
Part 1 | Part 2 | Part 3 | Part 4 | Part 5

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengenalkan Huruf Hijaiyyah Untuk Anak Usia Dini (Part 4)"

Post a Comment